Friday, November 23, 2018

Tanah Lot dalam Nuansa Hitam Putih bersama Ilford Delta 100

| | 0 comments
14 Oktober 2018. Saya berkesempatan mengunjungi Bali kala itu. Film hitam putih menjadi pilihan saya, saya membawa 2 roll film hitam putih masing-masing adalah Ilford Delta 100 dan Fomapan 200. Untuk Ilford Delta 100 sendiri sebenarnya saya sudah tidak begitu penasaran dengan tone yang dihasilkan, namun pada kesempatan ini saya akan memasangkannya pada Canon 7 + Industar 61 saya berbeda dengan sebelumnya menggunakan Konica AT3 beserta Hexanonnya. Pada postingan kali ini saya akan membagikan hasil foto menggunakan film Ilford Delta 100, hasil dari Fomapan 200 akan saya bagikan kemudian di postingan berikutnya.

Sempat bingung dan ragu untuk memakai film ini dimana, namun saat berkesempatan mengunjungi Tanah Lot saya pikir ini merupakan lokasi yang menarik untuk saya mengambil beberapa gambar street photography maupun landscape dengan menggunakan film hitam putih. Cukup penasaran juga bagaimana agar bisa membuat hasil foto landscape tetap menarik walau hanya berupa hitam putih. Langsung saja saya menghabiskan hampir seluruh frame dari Ilford Delta 100 tersebut di Tanah Lot. Cukup banyak momen menarik yang bisa saya tangkap, dari mulai aktivitas wisatawan sampai pemandangan landscapenya, menarik. Tanpa perlu dijelaskan lebih jauh langsung saja berikut merupakan beberepa foto pilihan dari hasil tangkapan saya disana.


Tanah Lot, 2018

Tanah Lot, 2018

Tanah Lot, 2018

Tanah Lot, 2018

Tanah Lot, 2018

Tanah Lot, 2018

Hasilnya cukup terkejut saat membandingkan ini dengan hasil dari film serupa yang pernah saya gunakan dengan menggunakan kamera Konica AT3. Hasil saat ini menurut saya memiliki nuansa yang lebih high contrast hal ini mungkin pengaruh dari lensa yang digunakan, mungkin pula dikarenakan perbedaan coating setiap lensa tersebut. Jika dibandingkan dan diharuskan memilih saya lebih menyukai tone dari Ilford Delta 100 yang saya gunakan dengan menggunakan kamera Konica AT3, karena hasilnya lebih low contrast dan saya menyukai itu. Tapi memang keduanya memiliki nilai khas sendiri, inilah serunya memotret dengan film, setiap kamera, lensa dan film yang digunakan akan memberikan kejutan masing-masing untuk hasil foto kita.


Dzaka, Oktober 2018

"I think life is too short not to be doing something which you really believe in." - Steve McCurry


0 comments:

Post a Comment

 
Twitter Facebook Dribbble Tumblr Last FM Flickr Behance